Home » Profil Tanaman » Impatiens (Busy Lizzie)

Impatiens (Busy Lizzie)

Sunday, January 6th 2008. | Profil Tanaman
Share on TwitterDigg ThisShare via email

Hal ini yang menyebabkan tanaman ini disebut Busy lizzie (Lizzie yang sibuk)

Ada 3 kelompok dasar tanaman ini, yang pertama tipe tradisional, tipe ini memiliki pertumbuhan menjalar, batang sukulen dengan pinggiran warna putih, warna bunga biasanya merah atau merah muda. Yang kedua adalah tipe hibrida F1, susunan tanamannya kecil dan padat, dengan bunga hampir menutupi seluruh permukaan bagian daun, warna bunga standar adalah putih, merah muda, merah dan yang terbaru adalah warna lilac dan oranye. Tipe ketiga adalah New Hibrida yang memiliki bunga dan daun beraneka warna.

Impatiens tidak begitu sulit tumbuh, tapi mereka membutuhkan perawatan yang teratur. Untuk menghasilkan bentuk tanaman yang perdu harus sering dilakukan pemangkasan dan tanaman yang tua harus segera dibuang. Pemberian pupuk dan penyiraman harus dilakukan secara teratur.

Tipe:

Tipe tradisional memiliki tinggi 2 kaki akan terus-menerus berbunga bila suhu minimal 60 F. Impatiens holstii dan I. Sultani mempunyai daun yang berwarna hijau. I. Petersiana, daun berwarna merah.
Tipe Hibrida F1 terdiri dari Super Elfin, tinggi 8-10 inci, bunga tunggal. Varietas Importir mempunyai ukuran lebih panjang dan bunganya juga lebih besar, Blitz bunganya selebar 2 inci. Beberapa varietas memiliki 2 warna, Variasi warna ada yang berbentuk garis ataupun di tengah-tengah seperti Cinderella, Novette Star, Zig-zag, Sparkles dan Rose Star. Varietas yang berbunga ganda adalah Rossete, Double duet maupun Confection
Tipe Hibrida New Guinea mempunyai daun yang panjang, dengan daun terdiri dari dua warnaatau lebih. Yang terbanyak adalah warna merah dan tembaga, ukuran bunga besar. varietas yang ada Tango(daun tembaga, bunga oranye), Fanfare (daun kuning dan hijau bunga merah muda) Arabesque (daun kuning,hijau,merah, bunga merah muda)

Tips:

Udara hangat, suhu minimal 55 F, untuk berbunga suhu minimal 60 F
Cahaya cukup, tidak terkena sinar matahari langsung
Jaga kondisi media tetap lembab
Penggantian media bila perlu
Perbanyakan dengn stek batang

Sumber :
Hessayon, D. G. 1993. The House Plant Expert. Expert Books. London. 256p.

http://www.situshijau.co.id
Juwita R./Situshijau.co.id

Related For Impatiens (Busy Lizzie)

Comment For Impatiens (Busy Lizzie)

Dapatkan inspirasi berkebun serta info dan tip tanaman hias dari kami. Masukan email anda disini:

Friend me on FacebookFollow me on TwitterAdd me to your circlesRSS Feed

Tanaman Hias Indonesia

  • Partner links