Home » Budidaya Tanaman » Taman TOGA

Taman TOGA

Sunday, January 6th 2008. | Budidaya Tanaman, Serba-serbi
Share on TwitterDigg ThisShare via email

tanaman hiasBeberapa tahun yang lalu, tepatnya tahun 1999 ada peneliti yang berhasil menyimpulkan keberhasilan pembuatan Taman TOGA pada waktu itu hanya terbatas pada pemukiman padat.Mengapa di pemukiman kumuh dan kompleks perumahan belum berkembang? Karena di pemukiman kumuh masih memikirkan masalah kebutuhan primer,dan kompleks perumahan sifat komunitas mereka individualistis. Sifat ini muncul karena mereka merasa dapat hidup mandiri dan memenuhi kebutuhan sendiri tanpa bantuan tetangga 1). Saat ini disekitar kita banyak lahan tidur. Mengapa tidak kita manfaatkan dengan membuat Taman TOGA ?

TOGA singkatan dari Tanaman Obat Keluarga, yaitu berbagai jenis tanaman yang dibudidayakan di halaman atau pekarangan rumah atau di kebun, yang bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat atau sebagai apotik hidup bagi keluarga.

Syarat penentuan jenis tanaman obat yang akan dibudidayakan :
a. Tanaman itu tidak memerlukan perawatan khusus
b. Tidak mudah terserang hama dan penyakit
c. Bibitnya mudah didapat
d. Termasuk dalam kelompok yang mudah tumbuh
e. Tidak termasuk jenis tanaman yang berbahaya

Manfaat TOGA :
a. Sarana pelayanan kesehatan keluarga yang relatif murah, aman dan bermanfaat
b. Memperindah lingkungan halaman rumah
c. Hobi dan dapat menghilangkan stres.

Di Indonesia memiliki banyak jenis tanaman obat yang bernilai tinggi dari segi medis maupun ekonomis 2). Mengapa tidak kita manfaatkan ?

Taman TOGA adalah penataan ruang luar yang menggunakan hard material(patung, batuan, kolam,dll) dan soft material(tanaman khusus yang berkhasiat obat) yang tidak hanya menghasilkan view yang indah, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Dalam menata Taman TOGA perlu memperhatikan kesan ruang yang ingin ditampilkan.Apakah ruang tertutup, semi terbuka atau ruang yang terbuka, kesan ruang lebih luas atau lebih sempit, skala manusia atau monumental, formal atau informal. Hal ini dipengaruhi oleh ukuran tanaman, warna tanaman, tekstrur tanaman dan bentuk tanaman.

Hasil dari penataan tanaman ini, taman di rumah kita tidak hanya indah tetapi juga bermanfaat. Mengapa tidak kita coba sekarang ?

Giacinta Hanna
(Arsitek Lanskap)
25 Maret 2006
______________
1)Suryana, Asep, 1999, Pola Top Down dan Inovasi Akar Rumput : Bercermin Dari Satu Proyek di Komunitas Jakarta
2) Hidayat Dodi, 2004, Muatan Lokal Ensiklopedia IPTEK Jilid 3 hal 42

Related For Taman TOGA

Comment For Taman TOGA

Dapatkan inspirasi berkebun serta info dan tip tanaman hias dari kami. Masukan email anda disini:

Friend me on FacebookFollow me on TwitterAdd me to your circlesRSS Feed

Tanaman Hias Indonesia

  • Partner links