Home » Jalan-jalan » Lintas Bursa Tanaman Hias Solo, Jawa Tengah

Lintas Bursa Tanaman Hias Solo, Jawa Tengah

Thursday, December 27th 2007. | Jalan-jalan
Share on TwitterDigg ThisShare via email

Bursa Tanaman Hias SoloDari hasil lintas Jawa Tengah yang dilakukan sesaat Hari Raya Idul Fitri, ternyata menyibukkan para penggemar dan kolektor hingga pebisnis tanaman hias untuk sesaat. Dalam hitungan hari H + 7, beberapa pameran yang diselenggarakan di sekitar Solo, agak sepi pengunjung.

Sebut saja Bursa Tanaman Hias di Karangpandan, Karanganyar Solo, terlihat jejeran tanaman anthurium dalam berbagai jenis dan ukurannya. Mulai dari varian Jenmani hingga Hokery batang merah serta kerabatnya berjajar rapi hampir di setiap kios yang ada pada pameran tersebut. Jika ditanya kecenderungan harga, para penjual menjawab, karena lebaran harga relative stabil, varian gelombang cinta mengalami penurunan dan beberapa varian jenmanii mengalami peningkatan. Dominannya tanaman anthurium pada bursa ini sungguhlah tidak heran mengingat Karangpandan merupakan sentra tanaman anthurium terbesar di Jawa Tengah.

Bursa Tanaman Hias SoloUntuk jenis tanaman hias lainnya, belum dapat berbuat apa-apa kecuali untuk jenis Philodendron Eceng, P. Melodii, P. Red Congo dan koleksi Philo lainnya yang cukup tinggi harganya. Untuk jenis Allocasia hanya terlihat jenis Black Velvet dan Alocasia Macrorhiza.

Pada Bursa Tanaman Hias di Halaman Parkir Goro dan Makro, Solo, Tanaman anthurium tetap merajai, disusul dengan beberapa tanaman hias lainnya seperti Adenium, Alocasia, Calladium dan lainnya. Jenis tanaman yang ada mulai cukup beragam walau hanya terdapat disatu atau dua stan saja.

Bursa di Parkiran Goro terlihat satu stan yang menumpuk bibitan remaja Anthurium Bintang Kejora Hitam, beberapa stan tetap dengan anakan Jenmaniinya. Disalah satu stan terdapat khusus Adenium yang merupakan salah satu perwakilan distributor salah satu nursery besar dari Sawangan Bogor.

Bursa Tanaman Hias SoloDi Parkiran Makro, terlihat lebih cukup beragam, bahkan jenis tanaman hias Pachypodium, jenis Philo yang baru, bahkan satu stan khusus Adenium seri Hitamnya mulai menampakkan kemeriahan walau pengunjung belum terlihat ramai.

Melihat perjalanan panjang tren tanaman hias sepanjang 2006 ini sangatlah bombastis. Dimulai dengan surutnya beberapa pamor tanaman hias dipenghujung tahun, tanaman hias anthurium bahkan melonjak naik hingga mencapai harga yang dapat membuat mata melotot. Bahkan beberapa tanaman hias yang mulai naik daun, seperti beberapa jenis Philodendron, varian baru bunga Adenium hingga varian Arabicumnya, serta jenis-jenis tanaman Enchepalartos masih bersabar untuk dapat bersanding dengan tanaman Anthurium.

Mona Sintia

Related For Lintas Bursa Tanaman Hias Solo, Jawa Tengah

Comment For Lintas Bursa Tanaman Hias Solo, Jawa Tengah

Dapatkan inspirasi berkebun serta info dan tip tanaman hias dari kami. Masukan email anda disini:

Friend me on FacebookFollow me on TwitterAdd me to your circlesRSS Feed

Tanaman Hias Indonesia

  • Partner links