Home » Profil Tanaman » Alocasia

Alocasia

Monday, December 24th 2007. | Profil Tanaman
Share on TwitterDigg ThisShare via email

tanaman hiasOleh: Abdul Kadir (www.jvflora.com): Alocasia (alokasia) adalah kerabat caladium (keladi), yang sama-sama bernaung dalam keluarga Araceae. Secara awam, genus ini sering tercampur-aduk dengan istilah keladi.

Sebut saja keladi badak (alocasia melo), keladi menjangan (jenis alocasia lowii), dan keladi tokek (alocasia tigrina dan tigrina ‘Superba’). Ketiga tanaman tersebut sesungguhnya masuk kategori alocasia; bukan caladium.

Perbedaan yang mencolok antara keladi dan alokasia terletak pada umbi dantanaman hias anakan. Anakan pada keladi muncul pada umbi utama, sedangkan anakan pada alokasia muncul pada umbi kecil yang terpisah dengan umbi utama, dengan perantaraan suatu jenis akar.

Ada beberapa jenis alokasi yang menjadi incaran para kolektor. Guttata ‘Imperialis’, reginula (‘Black velvet’), tigrina ‘Superba’, reversa ‘Hannah’, reginae, dan Silvery Dwarf merupakan sekian contoh alokasia yang memikat untuk dipajang sebagai tanaman indoor.

tanaman hiasPemeliharaan terhadap alokasia gampang-gampang susah. Sebenarnya, yang terpenting adalah harus diupayakan agar media bersifat poros dan media tidak boleh sampai terlalu kering. Namun, tanaman ini juga memiliki kekurangan. Perubahan suhu kadangkala membuat daun rusak dan bahkan kemudian layu. Selain itu, pertumbuhan daun relatif memakan waktu.

Media untuk alokasia dapat dibuat dengan menggunakan campuran cacahan pakis, pupuk kambing yang telah disterilkan, dan sekam bakar (kira-kira 2:1:1). Namun, secara prinsip. komposisi dengan memakai bahan yang lain dimungkinkan, sepanjang media mempunyai sifat poros.

Alokasia diperbanyak dengan memisahkan umbi kecil terhadap umbi utama.tanaman hias Kemudian tanamlah umbi kecil ini. Setelah 2 minggu hingga 2 bulan, akan muncul daun muda. Beberapa jenis lain (misalnya alokasia alba) dapat diperbanyak melalui pencangkokan, sedanglan alokasi seperti watsoniana dapat diperbanyak dengan mencacah umbi yang memanjang.

Sumber:
Abdul Kadir & Terra Ch. Triwahyuni, Keladi dan Alokasia Hias, Penerbit Penebar Swadaya, 2006.

Related For Alocasia

Comment For Alocasia

Dapatkan inspirasi berkebun serta info dan tip tanaman hias dari kami. Masukan email anda disini:

Friend me on FacebookFollow me on TwitterAdd me to your circlesRSS Feed

Tanaman Hias Indonesia

  • Partner links