Home » Budidaya Tanaman » Bunga Matahari Primadona Musim Panas

Bunga Matahari Primadona Musim Panas

Sunday, August 14th 2011. | Budidaya Tanaman, Profil Tanaman
Share on TwitterDigg ThisShare via email

Bunga matahari (Helianthus annuus L.), sudah dibudidayakan oleh oran-orang Indian Amerika Utara sejak ribuan tahun lalu. Dari Amerika Utara, tanamanini mulai menyebar ke Amerika Selatan dan dijadikan salah satu sumber pangan oleh warga Inka. Setelah Eropa menguasai Amerika, bunga matahari mulai diperkenalkan ke Eropa dan berbagai penjuru dunia sekitar abad ke-16.

Bunga matahari merupakan tanaman yang hanya dapat tumbuh pada musim panas saja, namun di Indonesia, karena matahari terbit sepanjang tahun, bunga matahari dapat tumbuh sepanjang tahun. Sementara di Eropa atau daerah lain dengan berbagai musim, tanaman ini hanya bisa ditanam hanya pada musim semi hingga musim gugur.
Bunga matahari terkenal sebagai tanaman hias karena memiliki penampilan yang elegan dan segar untuk dipandang, apalagi jika tanaman ini ditanam di kebun yang luas, tentu akan membuat terpesona orang yang melihatnya. Ciri dari tanaman ini adalah bunga berwarna kuning terang, tinggi 3-5 meter, kepala bunga besar (diameter bisa mencapai 30 cm), daun tunggal lebar, batangnya tegak, jarang bercabang, dan biasanya ditumbuhi rambut kasar. Ciri lain dari tanaman ini yaitu bunganya selalu menghadap ke matahari atau heliotropisme. Bunga matahari pun biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak, baik minyak pangan maupun minyak industri, karena mengandung zat yang disebut asam linoleat.
Bunga ini sebenarnya adalah bunga majemuk yang dapat tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Kerapatan tanamnya pada umumnya berkisar 60000 hingga 70000 tanaman per hektar.
Kelompok budidaya bunga matahari bisa dibagi menjadi empat kelompok yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Tentunya kultivatur yang dirakit untuk masing-masing fungsi pun berbeda:
1. Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis dengan kandungan minyak 48-52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.
2. Kelompok pakan ternak, daunnya digunakan sebagai pakan ternak.
3. Kelompok tanaman hias, memiliki warna kelopak yang bervavariasi dan memiliki banyak cabang berbunga.
4. Kelompok kuaci, bijinya digunakan sebagai bahan pangan.

Foto: plantamor.com

tags:

Related For Bunga Matahari Primadona Musim Panas

Comment For Bunga Matahari Primadona Musim Panas

Dapatkan inspirasi berkebun serta info dan tip tanaman hias dari kami. Masukan email anda disini:

Friend me on FacebookFollow me on TwitterAdd me to your circlesRSS Feed

Tanaman Hias Indonesia

  • Partner links